Selasa, 10 April 2012

BAHU KAKU


Apakah bahu kaku itu?
Bahu kaku merupakan kondisi peradangan ligamen bahu yang menyebabkan kekakuan dan membatasi pergerakan bahu. Bersamaan dengan kekakuan, juga terdapat variasi rasa sakit dan nyeri pada bahu yang sangat berdampak pada kualitas hidup pasien.
Apakah yang menyebabkan bahu kaku?
Walaupun sendi bahu dilindungi oleh sekelompok ligamen dan otot yang sangat handal, peradangan ligamen dan otot secara signifikan dapat mempengaruhi fungsi dari sendi yang sangat dinamis ini karena nyeri yang luar biasa. Peradangan juga mengakibatkan pelukaan pada kapsul atau ‘pembungkus’ sendi dan menyebabkan kekakuan pada sendi, yang selanjutnya dapat menyebabkan keterbatasan gerak.
Walaupun penyebab spesifik dari bahu kaku belum dimengerti, beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi seseorang menderita bahu kaku diantaranya:
  • Cedera dan kecelakaan pada bahu
  • Bahu pernah dioperasi sebelum menjadi kaku
  • Sendi bahu yang terlalu lama tidak digerakkan/dilatih
  • Diabetes
  • Penyakit tiroid
Apa sajakah tanda dan gejala terjadinya bahu kaku?
Walaupun bahu kaku merupakan kondisi yang berkembang perlahan-lahan dari bulan ke tahun, tetap saja kondisi ini tidak disadari oleh pasien. Pertanda kondisi ini adalah rasa sakit pada bahu dan keterbatasan gerak. Berkembangnya bahu kaku dapat dibagi menjadi tiga tahap:
  • Tahap saat terasa sangat sakit
Sesuai dengan namanya, tahap ini merupakan salah satu dimana pasien mulai mengeluh berbagai macam rasa sakit saat mencoba menggerakkan sendi bahu ke berbagai arah. Pada tahap ini, jangkauan pergerakan juga mengalami keterbatasan.
  • Tahap kaku
Titik dimulainya tahap ini terjadi saat rasa sakit mulai hilang, namun gerakan pada sendi bahu selanjutnya mesti ‘dikompromikan’ seiring bahu menjadi semakin kaku. Karena tahap inilah penyakit ini dinamakan bahu kaku.
  • Tahap perbaikan
Tahap ini juga dikenal sebagai tahap resolusi atau pemberesan, dan ditandai oleh pemulihan yang lambat dan perlahan dari kekakuan dan rasa sakit pada sendi bahu.
Insya Alloh Bisa Diatasi dengan MINYAK RETAK TULANG

1 komentar:

  1. Saya sudah membuktikan sendiri pak.... dengan diurut pakai minyak retak, sy merasakan bahu kaku saya yg karena kecelakaan berangsur pulih seperti sebelum kecelakaan

    BalasHapus